Kesya Zahira 8E/20 - Tugas Essay Algoritma





Nama: Kesya Zahira

Kelas: 8E

Absen: 20



Jawablah pertanyaan soal essay di bawah ini di blog masing-masing!


1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?

2. Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut  dan jelaskan dengan benar

3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!

4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap

5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!

6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!

7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!

8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!

9. Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!

10. Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.


Jawaban:


1. algoritma: kumpulan langkah-langkah instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau persoalan. perancangan algoritma: pembuatan algoritma dimulai dari ide-ide penyelesaian masalah hingga terciptanya algoritma dalam bentuk standar

2. pseudocode dan flowchart

3. jalankan program RoboMind; untuk memilih map yang sesuai, dari menu File, klik perintah Open Map. kotak dialog Open akan ditampilkan; pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini OpenArea. Map baru akan ditampilkan di jendela RoboMind; perintah untuk menuliskan huruf tersebut akan ditempatkan dlam bentuk Procedure sehingga dapat dipanggil berulang-ulang dan kita tidak perlu menuliskan kode yang sama berulang kali; tambahkan kode berikut untuk menempatkan robot di posisi awal untuk menuliskan huruf; tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot menuliskan huruf; tambahkan kode berikut, untuk menempatkan robot di posisi awal menuliskan huruf; tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot menuliskan huruf; tambahkan kode program untuk huruf-huruf yang lain; untuk melihat apakah kode program bekerja dengan baik, jalankan program tersebut; jika program sudah bekerja dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu. (untuk kode-kode dapat dilihat di buku informatika halaman 85-86)

4. variabel: menyimpan suatu nilai dan besar nilai tersebut berubah-ubah; tipe data: kumpulan benda/objek yang dapat kita temui pada suatu data

5. string; int nama; char_jenis kelamin. tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti dengan nama variabelnya. variabel-variabel di atas akan menyimpan nilai null (kosong), karena belum kita isi. kita juga dapat membuat variabel dengan mengisinya langsung

6. Boolean: untuk menyimpankan nilai yang berupa yang berupa True atau False; numerik: untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan/angka; teks/string: untuk menyimpan nilai yang berupa teks

7. numerik: untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan/angka; teks/string: untuk menyimpan nilai yang berupa teks

8. Forward (3); Left; Forward (8); Right; #Huruf N; PaintWhite; Forward (2); StopPainting; right; Forward (2); Left; Backward (2); #Huruf A; A ( ); Backward (3); Right; Backward; #Buat Huruf T; T ( ); Left; Forward (2); Left; #Huruf A; A ( )

9. untuk menyimpan nilai yang berupa True atau False

10. START; MOVE 'Posisi Awal'; WRITE 'K'; MOVE 'Posisi Awal'; WRITE 'E'; MOVE 'Posisi Awal'; WRITE 'S'; MOVE 'Posisi Awal'; WRITE 'Y'; MOVE 'Posisi Awal'; WRITE 'A'; END





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesya Zahira 8E 20 - Video Menarik Tentang Algoritma

KESYA ZAHIRA 8E (20) - LATIHAN BAB 2 BTIK HAL. 126-129

Etis Bermedia Digital - Kesya 8E 20